DALAM usaha memelihara kebudayaan yang diwarisi, Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyarankan pemakaian kain sarung tenun diamalkan oleh rakyat termasuk memakainya ketika ke pejabat.

Menurut Jokowi, pemakaian kain sarung tenun harus dijadikan amalan sekurang-kurang sekali dalam sebulan.

Sejak 2010, kerajaan Indonesia menggalakkan kakitangan dan pegawai kerajaan memakai baju batik sebagai usaha mempopularkan khazanah budaya negara itu.

Jokowi berkata, kain sarung merupakan elemen Indonesia yang sangat signifikan dan pemakaian itu merupakan lambang penghargaan kepada pembuat kain sarung.


Sehubungan itu, Jokowi berharap rakyat Indonesia akan memakai kain sarung tenun pada hari yang ditetapkan pada setiap bulan.

"Kain sarung adalah khazanah budaya yang tidak ada di negara lain. Ayuh kita memakai sarung pada hari yang ditetapkan pada setiap bulan," kata Jokowi ketika merasmikan Festival Sarung Indonesia 2019 baru-baru ini.

Ketika menghadiri acara berkenaan, Jokowi mengenakan kain sarung Donggala iaitu sebuah daerah di Tengah Sulawesi bersama kemeja putih.

Hampir kesemua kumpulan etnik Indonesia memiliki kain sarung tenun versi masing-masing yang memiliki elemen geometrik, binatang atau tumbuh-tumbuhan.

Bagaimanapun, berikutan perkembangan industri fesyen kontemporari, rakyat Indonesia semakin kurang memakai kain sarung tenun.