JAKARTA: Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyifatkan kesemua 53 anak kapal Angkatan Laut, Tentera Nasional Indonesia (TNI), KRI Nanggala 402 yang terkorban dalam tragedi itu sebagai perajurit penjaga kedaulatan negara.

Menurut Jokowi, perwira bangsa yang gugur ketika melaksanakan tugas di perairan akan sentiasa terpahat dalam jiwa setiap rakyat Indonesia.

Bahkan mereka semua, kata Jokowi, merupakan putera-putera terbaik bangsa.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas gugurnya 53 perajurit Nanggala 402.

"Mereka adalah putera-putera terbaik bangsa, patriot terbaik penjaga kedaulatan negara," kata beliau dalam ucapan yang ditayangkan menerusi platform YouTube Sekretariat Presiden pada Isnin.

Turut mengiringi Jokowi ketika menyampaikan ucapan duka itu ialah Naib Presiden, Ma'ruf Amin,Panglima Tentera Nasional Indonesia, Hadi Tjahjanto, Ketua Polis Negara, Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan.



Nanggala 402 | Semua 53 anak kapal disahkan maut

BACA: Kapal selam Nanggala 402: Tangisan si kecil, nyanyian 'Sampai Jumpa' antara luahan harapan keluarga

Presiden Indonesia itu turut mendoakan kesemua anak kapal itu akan mendapat kedudukan terbaik di sisi Tuhan sementara waris yang ditinggalkan pula akan diberi ketabahan untuk melalui dugaan itu.

Dalam ucapan itu, Jokowi turut mengumumkan kesemua anak kapal Nanggala 402 yang terkorban akan diberikan kenaikan pangkat sebagai menghargai pengorbanan mereka.

Kerajaan juga, kata Jokowi, akan memberikan bintang jasa Jalasena di atas dedikasi, pengabdian kesemua perajurit berkenaan.

“Pemerintah juga bakal menjamin pendidikan anak-anak perajurit Nanggala 402 sehingga ke peringkat universiti,” umum Jokowi lagi.



Nanggala 402 | Bukti-bukti kukuh sahkan kematian anak kapal

Dalam masa sama, beliau merakamkan penghargaan kepada semua pihak yang telah bertungkus-lumus terlibat dalam misi pencarian Nanggala 402 sehingga akhirnya ditemui.

“Terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan atas bantuan dari negara-negara sahabat dalam upaya dan kerja keras pencarian kapal selam Nanggala 402," kata Jokowi.

Kapal selam Nanggala-402 dilaporkan terputus hubungan di perairan Bali pada 21 April lalu dengan jangkaan kemungkinan terkandas di lokasi jurang di kedalaman 700 meter.

Kapal selam buatan Jerman tahun 1979 itu dilaporkan hilang kontak sekitar pukul 3 pagi waktu tempatan.