JAKARTA: Menteri Pertahanan yang juga calon Presiden Indonesia, Prabowo Subianto untuk pilihan raya negara itu pada tahun depan mengumumkan anak sulung penyandang Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka akan menjadi pasangan beliau bagi calon Naib Presiden dalam pilihan Presiden tersebut.

"Gabungan Indonesia Maju telah melakukan perbincangan akhir dan bersetuju mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Naib Presiden," kata Prabowo dari Parti Gerindra ketika membuat pengumuman tersebut di kediamannya di Jakarta, seperti dilaporkan oleh agensi berita ANTARA.

Menurut Prabowo, mengatakan keputusan tersebut diambil secara bulat, dan semua parti anggota gabungan Indonesia Maju mencapai konsensus mengenai keputusan tersebut.

Saat mengumumkan nama pasangan calon wakil presiden, beliau didampingi beberapa ketua parti anggota gabungan termasuk Ketua Golkar, Airlangga Hartarto; Ketua Parti Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan; Ketua Parti Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra dan Ketua Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Namun begitu, Raka, yang juga sebagai Wali Kota Surakarta tidak hadir ketika pengumuman itu dibuat.

Pada Sabtu lalu, Golkar mencadangkan Raka menjadi pasangan calon Naib Presiden Prabowo dalam pemilihan presiden 2024.

Pasangan Subianto-Raka belum mendaftarkan diri mereka di Komisi Pemilihan Umum (KPU), sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sudah mendaftarkan diri pada hari Kamis (19 Oktober).

Pendaftaran pasangan calon Presiden dan Naib Presiden akan terbuka dari 19 hingga 25 Oktober 2023. - Agensi